PROFIL
Hay guys, pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Makanya itu kita perkenalan dulu ya...!!!
Namaku khoirunnisa. aku biasa di panggil anis apa nisa (terserah suka yang mana. heee).
Aku asli orang Yogyakarta. Tepatnya sih aku tinggal di daerah Bantul. Aku adalah kakak dari 2 orang adik. Bisa di tebak kan...?? aku ini anak ke berapa..?? yupss.....aku adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Di Bantul, pada 13 Februari 1996 aku di lahirkan. Jika belum mengenal aku lebih dekat, pasti banyak yang mengira aku ini orangnya cuek dan sombong. memang begitulah pembawaanku jika ditempat yang baru dengan orang-orang baru disekelilingku. Dibalik sifatku yang sedikit cuek, aku ini orangnya juga manja. heehee (seperti anak kecil ya). Nah sedikit cerita tentang diriku ya...!!!
Kini umurku sudah 18 tahun. Aku melanjutkan pendidikanku di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di sini aku mengambil program studi Ilmu Perpustakaan S-1 yang ada di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Tahun ini aku baru semester 1. Pendidikanku berawal dari TK Masyitoh Mardi Putra pada tahun 2000. Pasti terbayang kan gimana imutnya aku dulu..hehehe
Pada tahun 2001 aku mulai masuk ke SD Kalangan Bangunjiwo Kasihan Bantul. Enam tahun aku belajar disana. Tahun 2007 aku sudah tidak menjadi cewek yang memakai baju merah putih lagi kalau ke sekolah. Kini pakaianku sudah berganti warna menjadi Biru Putih. Semenjak memakai pakaian itu statusku berubah bukan menjadi anak SD yang imut-imut lagi. Tetapi sudah menjadi anak SMP. Aku bersekolah di MTSN Bantul kota. Walaupun itu sekolah pilihan orang tuaku, tetapi aku senang bersekolah disana. Karena di madrasah itu aku bisa mengikuti ekstrakurikuler marching band. Di situ aku menjadi pemegang kipas (bisa dibilang menjadi penarinya).
Pada tahun 2010 aku memilih MAN Gandekan Bantul untuk melanjutkan sekolahku. Kini aku bisa memilih sekolah yang aku sukai, tidak lagi dipilihkan oleh orang tua. Saat aku kelas XII, aku di hadapkan oleh dua pilihan. Aku melanjutkan untuk kuliah atau cukup sampai SMA dan lulus langsung mencari pekerjaan. Karena keyakinan dan dorongan dari orang tua dan guru-guru, akhirnya aku memilih untuk melanjutkan kuliah dengan mengikuti jalur undangan (SNMPTN).
Saat akan Ujian Nasional aku sangat berharap-harap cemas. Apakah aku akan diterima kuliah dan lulus dengan nilai yang cukup memuaskan atau langkahku akan terhenti disitu dan mendapatkan nilai yang mengecewakan. Saat yang dinanti-nanti pun tiba. Alhamdulillah, aku mendapatkan nilai yang cukup memuaskan. Dan kebahagiaanku bertambah lagi saat ada pengumuman bahwa aku diterima di UIN Sunan Kalijaga.
Itulah sedikit cerita tentang diriku. sedikit membosankan sih, tetapi bisa membuat kita menjadi lebih dekat lagi. Salam kenal untuk semuanya...
SOFTWARE (Perangkat Lunak)
A. PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi
sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. perangkat lunak
merupakan program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan
sesuai dengan yang dikehendaki.
B. KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
1. Perangkat Lunak Sistem
1. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem berperan untuk mengendalikan,
mengintegerasikan dan mengelola komponen perangkat keras sebuah sistem komputer.
Selain itu perangkat lunak sistem dapat mengelola dan mendukung operasi sistem
komputer dan jaringan. Perangkat lunak sistem ini adalah sistem operasi.
a. Sistem
Operasi DOS
Sistem Operasi DOS ( Disk Operating System) merupakan sistem
operasi berorientasi pada perintah teks yang di operasikan pada commant
prompt. Sistem operasi DOS merupakan pendahuluan dari sistem operasi
windows.
b. Sistem Operasi
Windows
Sistem
Operasi Windows merupakan sistem operasi dengan modus tampilan grafik
atauGraphical User Interface ( GUI) yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft.
Oleh karena itu visualisasi tampilan sistem operasi ini lebih menarik dan mudah
digunakan oleh penggunanya.
c. Sistem Operasi UNIX
Sistem Operasi
UNIX merupakan sistem operasi yang muncul pada awal tahun 1970-an. UNIX terdiri
dari atas sejumlah program yang dirancang untuk mengendalikan interaksi antara
fungsi-fungsi pada mesin berarus rendah dengan program aplikasi. Selain itu
sistem operasi UNIX merupakan sekumpulan program yang menjembatani antara
komputer dan pengguna.
d. Sistem Operasi LINUX
Sistem Operasi LINUX merupakan system operasi yang didefinisikan oleh
banyak orang, sebagai system yang menyerupai UNIX atau UNIX-like / UNIX-style
atau sering juga dengan kata UNIX-clone. Sistem operasi linux bebas dan terbuka
(open source) berlisensi General Publik Lisence (GPL), dan tanpa hak cipta.
Oleh karena itu, pendistribusian dan pengembangannya bisa dilakukan secara
bebas dengan mengikutkan kode program asal sebagai turunannya.
e. Sistem Operasi Lain
Selain sistem operasi DOS, WINDOWS, UNIX, dan LINUX, terdapat pula
sistem operasi jenis lain seperti NOVELL NETW ARE, CPM, OS/2WARP SERVER, MAC OS
X (APPLE NOS), dan sebagainya.
2. PERANGKAT
LUNAK APLIKASI
Perangkat
lunak aplikasi merupakan bagian perangkat yang banyak di jumpai dan terus
menerus berkembang. Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak program
yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang di perlukan untuk melaksanakan
permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Perangkat lunak aplikasi terdiri
dari berikut ini:
a. Bahasa Pemrogaman
a. Bahasa Pemrogaman
Bahasa pemrogaman merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversi
atau melakukan perubahan terhadap arsitektur dan algoritma yang dirancang
manusia ke dalam format yang dapat dijalankan oleh komputer. Bahasa pemrogaman
di antaranya: BASIC, COBOL, PASCAL, C++, FORTRAN.
b.
Program Utility
Program Utility merupakan perangkat lunak pendukung Operating
System dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware
troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak secara fisik),
mengatur ulang isi harddisk
(partisi, defrag). Contoh: Norton Utility.
c.
Program Aplikasi
Berikut ini klasifikasi berbagai program aplikasi yang
paling sering kita gunakan dalam pekerjaan sehari-hari.
- Program aplikasi berbasis pengolah kata atau word processor, antara lain Microsoft Word, WordPerfect for Windows, WordStar, WordPro, Star Office, AmiPro, dan sebagainya.
- Program aplikasi berbasis pengolah angka atau Spreadsheet, antara lain Lotus 123, Microsoft Excel, QuattroPro, dan sebagainya.
- Program aplikasi berbasis pengolah kata grafis, antara lain Harvard Graphics, Corel’s Corel Draw, Adobe’s Photoshop and Ilustration, Freehand, dan sebagainya.
- Program aplikasi berbasis multimedia / presentasi, antara lain Winamp, RealPlayer, Quick Time Player, PowerDVD, Microsoft PowerPoint, Windows Media Player, iTunes, dan sebagainya.
- Program aplikasi berbasis internet, antara lain Microsoft Explorer atau Internet Explorer.
- Program aplikasi berbasis publishing antara lain Microsoft Publisher, Adobe PageMaker, Adobe InDesign, Quark Xpress, Ventura Publisher. Dan sebagainya.
- Program aplikasi berbasis pengolah data atau Database, antara lain Microsoft Acces, Foxpro, dBase, dan sebagainya.
C. KEGUNAAN BERBAGAI PROGRAM
APLIKASI
Program aplikasi digunakan untuk
membantu mempermudah para user atau penguna dalam melakukan suatu pekerjaan
yang memanfaatkan teknologi komputer. Ada begitu banyak kegunaan program
aplikasi dalam kehidupan kita, diantaranya:
1. Kegunaan
Program Aplikasi Pengolah Kata
Kegunaan
program pengolah kata seperti Microsoft Word antara lain untuk membuat surat,
memodifikasi surat yang dibuat dengan berbagai fasilitas yang disediakan,
membuat table, menyisipkan gambar, membuat word art, dan sebagainya.
2. Kegunaan
Program Aplikasi Pengolah Angka
Program
aplikasi pengolah angka seperti Microsoft Excel banyak digunakan untuk membuat
data angka, perhitungan data-data angka, membuat table, grafik, dan sebagainya.
3. Kegunaan
Program Aplikasi Pengolah Grafis
Program
aplikasi pengolah grafis seperti Photoshop, Corel Draw, dan sebagainya
digunakan untuk pembuatan dan memodifikasi gambar maupun lukisan, sekaligus
menyusun teks / gambar sehingga menjadi suatu tampilan kombinasi yang menarik.
4. Kegunaan
Program Aplikasi Presentasi / Multimedia
Kegunaan
program aplikasi presentasi seperti Microsoft PowerPoint dapat digunakan untuk
berbagai macam keperluan presentasi yang banyak memanfaatkan visualisasi
gambar, suara, animasi, hingga video.
RANGKUMAN
- Perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras.
- Software merupakan program-program yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang di kehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
- Perangkat Lunak umumnya digunakan juga untuk mengontrol perangkat keras, melakukan proses perhitungan, dan interaksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman).
- Sofware terdiri dari beberapa jenis, yaitu sistem operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Macintosh, Novell, OS/2, maupun Windows dan perogram aplikasi sperti Microsoft Word, Excel, Photoshop, dan sebagainya.
HARDWARE (Perangkat Keras)
1.
Input Device
Input
Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk
memasukan data atau perintah kedalam komputer.
2. Output Device
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolah data. Keluaran dapat berupa hard copy (ke
kertas), soft copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar
sistem. Peralatan Input dan Output diatas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
merupakan
otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU
(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolahan data, dan CU (Control
Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
memori terbagi
menjadi 2 bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. memori internal
berupa RAM (Random Acess Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang
kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang
hanya bisa di baca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer
pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Data Bus adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul sistem computer. Karena pada suatu
saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah
saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data
bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional,
artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus
biasanya terdiri atas 8, 16, 3, atau 64 jalur parallel.
7. Address Bus
Digunakan untuk
menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur
ini CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan di tulis atau dibaca. Address
Bus biasanya terdiri atas 16, 20,24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Digunakan untuk
mengontrol pengguna sertra akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4
sampai 10 jalur parallel.
B. KOMPONEN PERANGKAT KERAS ( HARDWARE)
KOMPUTER
Komponen hardware
yang ada pada sistem komputer terbagi atas tiga bagian. Komponen-komponen
tersebut adalah
a. Alat Input
Langsung
Alat input yang langsung dapat langsung
dimasukkan dan kemudian diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung ini
terdiri dari berikut ini.
1) Keyboard
2)
Pointing Device
1) Keyboard
Merupakan papan ketik yang
digunakan sebagai alat input langsung. Keyboard ini terdiri dari tombol-tombol
untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.
Tombol pada papan ketik
(keyboard) di kelompokkan menjadi 4 bagian:
- Tombol Fungsi
- Tombol Alphanumeric
- Tombol Kontrol
- Tombol Numerik
Merupakan perangkat petunjuk
pada komputer. Pointing Device terdiri dari berikut ini:
a.
Mouse
Merupakan alat input yang
cara kerjanya menggunakan pointer secara mendatar dan secara menurun. Mouse disebut juga sebagai
petunjuk yang dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil
yang terdapat di mouse. Dua tombol yang berfungsi pada mouse adalah click
dan double click. Ada juga istilah lain yang disebut Drag, artinya
menggeser dan menarik.
b.
Touch Screen
Merupakan alat masukan berupa layar monitor menu-driven (terlihat adanya
pilihan menu). Pemakai cukup menyentuh pilihan yang tersedia pada menu hanya
dengan ujung jari tangan atau dengan pen. Layar sentuh (touch Screen) adalah
layar tampilan berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau
tulisan yang terpampang pada layar komputer.
c.
Teleprinter Terminal
Terdiri dari terminal dan
berupa alat cetak (printer). Input dimasukkan dengan menekan tombol-tombol ,
kunci yang ada di keyboard dan apa yang ditekan akan tercetak di layar
berbentuk kertas.
d.
Financial
transaction terminal
Digunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Salah satu
dan penggunaan terminal ini adalah untuk Electronic Fund Transfer (EFT)
dengan menggunakan ATM (Automated Teller
Machine)
e.
Point Of Sale
Terminal
Biasanya di gunakan di supermarket dan pusat perbelanjaan besar. Alat ini
terdiri dari keyboard untuk memasukkan dan barang yang dijual dan display untuk
menampilkan data transaksi dan alat cetak untuk mencetak tanda terima untuk
pembeli.
f.
Light Pen
Merupakan perangkat masukkan (Input)
data light-sensitive mirip pena yang dapat di gunakan untuk menggambar
di layar kaca khusus atau membuat menu driven. Light Pen juga merupakan
salah satu input device dari sistem computer yang banyak digunakan untuk
keperluan menggambar teknis ataupun grafis.
g.
Digitizer
3). Scanner
Suatu alat
elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotocopy yang hasilnya dapat
langsung dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya di tampilkan pada
layar komputer, diperlukan adanya tambahan card yang secara khusus digunakan
untuk scanner.
- MICR ( Magnetic Ink Character Recognition)
- ODR (Optical Data Recognition)
- OCR (Optical Character Recognition) Reader
- OCR (Opical Character Recognition) Tag Reader
- OMR ( Optical Mark recognition) Reader
a) MICR ( Magnetik Ink Character Recognition)
Adalah alat pembaca pengenal karakter tinta magnetik (MICR) reader. MICR reader banyak digunakan bank-bank saat ini untuk transaksi menggunakan cek.
Adalah alat pembaca pengenal karakter tinta magnetik (MICR) reader. MICR reader banyak digunakan bank-bank saat ini untuk transaksi menggunakan cek.
b) OCR tag reader
OCR tag reader banyak digunakan di toko-toko serba ada untuk membaca label barang yang dijual dengan
bentuk font atau karakter OCR. OCR reader dilekatkan pada POS terminal yang
dihubungkan dengan pusat komputer.
c) OMR (Optical Mark Reader)
Biasanya digunakan untuk membaca dokumen. OMR banyak digunakan untuk
memeriksa hasil ujian ataupun pada saat penerimaan mahasiswa baru. OMR akan
membaca mark (tanda) yang diberikan pada lembar kertas.
4). Sensor
Merupakan
alat input yang digunakan untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan
berbagai ukuran. Salah satu contohnya adalah digital kamera, perangkat ini bisa kita hubungkan
dengan perangkat komputer untuk melihat gambar-gambar yang dihasilkannya.
5). Voice Recognizer
Voice
Recognizer dikenal juga sebagai alat pengenal suara Contohnya microfon (mic). Penggunaan mic
tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara
tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil
rekaman suara.
6). Joystick
Tongkat khusus
yang biasanya digunakan untuk permainan video. Gerakan kursor pada joystick
dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas.
7). Trackball
Trackball
dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas
dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola
untuk memindahkan kursor.
8). Magnetic Ink Character Reader (MICK)
9). Track Point
Dikenal sebagai G-stick,
accupoint adalah miniatur dari joytick yang diletakkan diantara
kunci G dan H pada keyboard. Biasanya dipakai bersama dengan 2 buah
tombol dan fungsinya sama dengan mouse. Karena accupoint ditempelkan
pada keyboard, maka tidak memerlukan tambahan ruang untuk operasinya. Accupoint
dioperasikan cukup dengan 1 jari saja dan tidak memerlukan ruang.
10). Paper Tape Reader
b. Alat Input Tidak Langsung
Alat input tidak langsung adalah alat
input tidak langsung dapat di proses
oleh alat pemroses dalam perangkat computer, namun harus melalui media
tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses tersebut. Alat input
tidak langsung terbagi atas berikut ini.
1). Keypunch
Alat input
tidak langsung yang dilakukan oleh media punched card (kartu plong). Media
computer ini terbuat dari kertas tebal (karton) yang berbentuk empat persegi
panjang.
2). Key-to-tape
Alat input
tidak langsung yang dapat merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum
di proses oleh alat pemroses.
3). Key-to-disk
Alat input tidak
langsung yang dapat merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau
harddisk) sebelum di proses lebih lanjut.
2. Alat proses (CPU/Central Processing Unit)
Alat proses dalam sistem computer
merupakan alat atau perangkat yang berperan dalam pemrosesan data dalam
computer, baik input maupun output. Alat proses ini adalah CPU (Central
Processing Unit).
a.
Isi CPU
- HARDDISK, alat ini merupakan tempat menyimpanan data pada CPU.
- FLOPPY DISK DRIVE, alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket.
- CD-ROM DRIVE, fungsinya untuk membaca data dari sebuah CD.
- PROSESOR, untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh computer.
- MEMORI (RAM), untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosessor.
- KARTU GRAFIS(VGA CARD), digunakan untuk menerjemahkan output computer ke monitor.
- KARTU SUARA, untuk mengeluarkan suara.
- MOTHERBOARD (Papan Induk), untuk tempat semua alat utama CPU.
3. Alat
Output (Output Device)
Suatu komponen dari sistem computer
yang berfungsi untuk tempat keluaran hasil-hasil pengolahan yang dilakukan oleh
computer. Alat output berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolah data.
a. Hard Copy Device
Alat yang digunakan untuk mencetak
tulisan dan gambar pada kertas seperti kertas atau film. Alat yang digunakan
adalah printer, plotter, dan microfilm.
b. Soft Copy Device
Yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan gambar pada media lunak berupa sinyal elektronik.
Output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker.
Macam-macam soft copy antara lain:
1). Monitor
Alat yang digunakan untuk mencetak
tulisan dan gambar pada media lunak yang berupa sinyal elektronik, dalam hal
ini berupa gambar yang tampil dilayar monitor.
2). Infocus
Untuk menampilkan gambar hasil
pemrosesan data. Hanya saja infocus memerlukan objek lain sebagai media
penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima berupa
layar putih.
3). Drive
Device
Alat yang digunakan untuk merekam
simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti
magnetic disk atau magnetic tape.
4). Media
Penyimpanan (Memori) Eksternal
Perangkat keras untuk melakukan
operasi penulisan, pembaca dan penyimpanan data. Media penyimpanan terdiri dari
berikut ini.
a. Floopy Disk
Kapasitas yang dapat ditampung floopy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floopy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas.
b. Harddisk
a. Floopy Disk
Kapasitas yang dapat ditampung floopy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floopy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas.
b. Harddisk
Harddisk memiliki komponen-komponen: piringan logam,
head, rangkaian elektronik, rangkaian penguat, DSP (digital signal
prosessor), chip memory, konektor, spindle, dan actuator arm motor
controller.
c.
CD-ROM
Terbuat dari resin dan dilapisi permukaan yang sangat
reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai
lubang-lubang micropis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas
tinggi. Permukaan yang berlubang ini
kemudian dilapisi oleh lapisan bening . penulisan
data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja.
d.
DVD (Digital
Versatile Disk)
DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi
penyimpanan dengan menggunakan media optical disk. DVD memiliki kapasitas yang
jauh lebih besar dari pada CD-ROM biasa yaitu
mampu mencapai 9 Gbytes.
e. Flash Disk
Media penyimpanan ini sangat praktis karena ukurannya yang kecil dan sangat ringan, sehingga bisa digenggam, dikantongi, dan dapat dibawa kemana-mana. Kemampuan flash disk sebagai media penyimpanan data sangat besar dibandingkan dengan floopy disk ataupun CD,
f. Blue-ray dan HD-DVD
Sering disebut-sebut sebagai format DVD masa depan. Kedua format ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga sepuluh kali format DVD yang sekarang. DVD hanya mampu menyimpan data hingga 4.7 GB sedang format HD-DVD mampu menyimpan data hingga 30 GB, bahkan Blue-ray mampu menyimpan hingga 50 GB.
A. PENGERTIAN
1. Teknologi (Technology)
Pengetahuan tentang tata cara pemakaian perangkat-perangkat teknik yang digunakan manusia untuk memecahkan masalah sehingga peralatan yang digunakan dapat bekerja secara efisien. Mudsh dan lebih baik.
2. Informasi (Information)
Hasil dari kegiatan pengolahan data yang disajikan sedemikian rupa dan memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian dan memberi arti kepada penggunanya.
3. Komunikasi (Communication)
e. Flash Disk
Media penyimpanan ini sangat praktis karena ukurannya yang kecil dan sangat ringan, sehingga bisa digenggam, dikantongi, dan dapat dibawa kemana-mana. Kemampuan flash disk sebagai media penyimpanan data sangat besar dibandingkan dengan floopy disk ataupun CD,
f. Blue-ray dan HD-DVD
Sering disebut-sebut sebagai format DVD masa depan. Kedua format ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga sepuluh kali format DVD yang sekarang. DVD hanya mampu menyimpan data hingga 4.7 GB sedang format HD-DVD mampu menyimpan data hingga 30 GB, bahkan Blue-ray mampu menyimpan hingga 50 GB.
TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
1. Teknologi (Technology)
Pengetahuan tentang tata cara pemakaian perangkat-perangkat teknik yang digunakan manusia untuk memecahkan masalah sehingga peralatan yang digunakan dapat bekerja secara efisien. Mudsh dan lebih baik.
2. Informasi (Information)
Hasil dari kegiatan pengolahan data yang disajikan sedemikian rupa dan memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian dan memberi arti kepada penggunanya.
3. Komunikasi (Communication)
Segala kegiatan yang berhungan dengan proses
pemindahan pengaliran dan pengiriman
informasi kepada penerima pesan baik berupa lisan maupun tulisan dengan
menggunakan media transmisi.
Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian teknologi informasi dan komunikasi yaitu sebagai berikut.
a. Teknologi informasi adalah penerapan teknologi computer untuk menciptakan, menyimpan, mempertukarkan, dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk.
MANFAAT TEKNOLOGI
INFORMASI BAGI PERPUSTAKAAN
Di era globalisasi
ini perkembangan teknologi semakin cepat dan cangih. Kemajuan yang
paling terlihat adalah para pengguna teknologi informasi dalam proses
pengolahan data menjadi informasi yang begitu cepat. Terlebih lagi dengan
hadirnya internet dapat mempercepat ketersediaan dan pertukaran informasi
diseluruh dunia sehingga memudahkan kita dalam mengakses informasi kapanpun dan
dimanapun tanpa terbatas oleh waktu. Peranan teknologi didalam perpustakaan
sangat diperlukan mengingat perpustakaan erat kaitannya dengan informasi yang
dibutuhkan pengguna, oleh karena itu perpustakaan harus dapat menyediakan
informasi dengan cepat, tepat dan mudah.
menurut Shiyali Rammamrita Rangathan “Library is the growing organism” yang berarti perpustakaan adalah organisasi yang berkembang. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, perpustakaan dituntut untuk lebih aktif, dinamis, cepat, tepat dan sistematis dalam segala hal, baik dalam pelayanan maupun sumber informasi yang disajikan mengingat tuntutan masyarakat terhadap kebutuhan informasi yang semakin tinggi dan mereka menginginkan informasi tersebut didapat dengan cepat. Hal ini dilakukan agar keeksistenan perpustakaan dapat dipertahankan ditengah maraknya penyedia informasi yang lebih canggih. Dari pemaparan di atas dapat ditarik rumusan masalah apa itu teknologi informasi? apa itu perpustakaan? bagaimana dampak teknologi informasi dalam perpustakaan?
Menurut William & Sawyer, (2003) teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi. (Martin, 1999).
Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, menyusun, menyimpan, memanipulasi data, menyebar informasi baik informasi berupa gambar, suara, video, informasi lain sehingga dapat digunakan sebagai strategi pengambilan keputusan. Jadi teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer tetapi gabungan dari teknologi komputerdan teknologi komunikasi.
Menurut Sulistio Basuki (1991), perpustakaan adalah suatu gedung, ruang, yang dibuat untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang tesusun menurut tatanannya. Sedangkan pengertian perpustakaan menurut Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan menyebutkan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/ atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.
Sedangkan menurut IFLA (International Federation of Library Association and Instutiutions) perpustakaan adalah kumpulan materi tercetak dan noncetak atau sumber informasi yang disusun secara sistematis untuk digunakan pemakai.
Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perpustakaan merupakan suatu lembaga yang bertugas menyediakan, mengelola, menyimpan dan menyebarkan sumber informasi, baik dalam bentuk tercetak maupun non cetak dengan cara yang sistematis untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Sedangkan tujuan perpustakaan adalah sebagai tempat penelitian, penyimpanan informasi, pendidikan, culture, rekreasi.
Perpustakaan erat kaitanya dengan informasi, sehingga dibutuhkan teknologi informasi untuk mendukung informasi tersebut agar mudah ditemukan oleh pengguna, hal ini dapat memberi dampak pula pada tingkat minat pemustaka untuk memanfaatkan perpustakaan selain itu dengan pernerapan teknologi informasi tentu saja akan membawa dampak dalam kegiatan-kegiatan perpustakaan dalam mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi.
Adapun dampak dari perkembangan teknologi informasi dalam kegiatan-kegiatan perpustakaan adalah :
a. Meringkankan beban pekerjaan pustakawan di perpustakaan sehingga pekerjaan lebih efektif dan efisien. Sebelum adanya teknologi informasi di perpustakaan, kegiatan di perpustakaan dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama, dengan adanya otomasi perpustakaan kegiatan pengkatalogan, penelusuran, pengambilan keputusan dan lain-lain dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.
b. Pertukaran informasi dan kerjasama dengan perpustakaan lain menjadi lebih mudah dan cepat karena semua informasi dapat diakses melalui internet dan dapat dilakukan secara virtual tanpa harus bertatap muka.
c. Dapat meningkatkan citra dan pencitrakan perpustakaan.
menurut Shiyali Rammamrita Rangathan “Library is the growing organism” yang berarti perpustakaan adalah organisasi yang berkembang. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, perpustakaan dituntut untuk lebih aktif, dinamis, cepat, tepat dan sistematis dalam segala hal, baik dalam pelayanan maupun sumber informasi yang disajikan mengingat tuntutan masyarakat terhadap kebutuhan informasi yang semakin tinggi dan mereka menginginkan informasi tersebut didapat dengan cepat. Hal ini dilakukan agar keeksistenan perpustakaan dapat dipertahankan ditengah maraknya penyedia informasi yang lebih canggih. Dari pemaparan di atas dapat ditarik rumusan masalah apa itu teknologi informasi? apa itu perpustakaan? bagaimana dampak teknologi informasi dalam perpustakaan?
Menurut William & Sawyer, (2003) teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi. (Martin, 1999).
Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, menyusun, menyimpan, memanipulasi data, menyebar informasi baik informasi berupa gambar, suara, video, informasi lain sehingga dapat digunakan sebagai strategi pengambilan keputusan. Jadi teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer tetapi gabungan dari teknologi komputerdan teknologi komunikasi.
Menurut Sulistio Basuki (1991), perpustakaan adalah suatu gedung, ruang, yang dibuat untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang tesusun menurut tatanannya. Sedangkan pengertian perpustakaan menurut Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan menyebutkan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/ atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.
Sedangkan menurut IFLA (International Federation of Library Association and Instutiutions) perpustakaan adalah kumpulan materi tercetak dan noncetak atau sumber informasi yang disusun secara sistematis untuk digunakan pemakai.
Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perpustakaan merupakan suatu lembaga yang bertugas menyediakan, mengelola, menyimpan dan menyebarkan sumber informasi, baik dalam bentuk tercetak maupun non cetak dengan cara yang sistematis untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Sedangkan tujuan perpustakaan adalah sebagai tempat penelitian, penyimpanan informasi, pendidikan, culture, rekreasi.
Perpustakaan erat kaitanya dengan informasi, sehingga dibutuhkan teknologi informasi untuk mendukung informasi tersebut agar mudah ditemukan oleh pengguna, hal ini dapat memberi dampak pula pada tingkat minat pemustaka untuk memanfaatkan perpustakaan selain itu dengan pernerapan teknologi informasi tentu saja akan membawa dampak dalam kegiatan-kegiatan perpustakaan dalam mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi.
Adapun dampak dari perkembangan teknologi informasi dalam kegiatan-kegiatan perpustakaan adalah :
a. Meringkankan beban pekerjaan pustakawan di perpustakaan sehingga pekerjaan lebih efektif dan efisien. Sebelum adanya teknologi informasi di perpustakaan, kegiatan di perpustakaan dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama, dengan adanya otomasi perpustakaan kegiatan pengkatalogan, penelusuran, pengambilan keputusan dan lain-lain dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.
b. Pertukaran informasi dan kerjasama dengan perpustakaan lain menjadi lebih mudah dan cepat karena semua informasi dapat diakses melalui internet dan dapat dilakukan secara virtual tanpa harus bertatap muka.
c. Dapat meningkatkan citra dan pencitrakan perpustakaan.
d. Dapat memudahkan mempromosikan produk perpustakaan
melalui website.
e. Memberikan kemudahan dalam pengambilan
keputusan terkait dengan pendendaan, pengadaan,
Adapun dampak
penerapan teknologi informasi di perpustakaan untuk pengguna perpustakaan :
a. Dapat mempermudah temu kembali
informasi sehingga tidak membuang-buang waktu yang lama.
b. Pemustaka dapat menelusuri dan
menggunakan layanan perpustakaan dengan madiri tanpa mengantri seperti pada
konsep perpustakaan konvensional.
Dampak negatif dari
teknologi informasi di perpustakaan antara lain :
a. Hubungan antara pustakawan dan pemustaka menjadi kurang harmonis karena ketergantungan mereka terhadap teknologi.
b. Biaya perbaikan dan operasional teknologi informasi yang semakin tinggi.
a. Hubungan antara pustakawan dan pemustaka menjadi kurang harmonis karena ketergantungan mereka terhadap teknologi.
b. Biaya perbaikan dan operasional teknologi informasi yang semakin tinggi.
DAFTAR PUSTAKA:
- Pengatar teknologi informasi, Fauziah, S.Kom,MMSi,___Bandung:Muara Indah, 2000
- http://henisetiyaningsih.blogspot.com/2013/05/implementasi-teknologi-informasi-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar